Sunday, May 13, 2012

Permalukan Munich, Dortmund Sabet Juara






BERLIN - Borussia Dortmud akhirnya berasil meraih gelar juara DFB Pokal musim ini usai menumbangkan Bayern Munich dengan skor telak 5-2, Minggu (12/5/2012) dini hari WIB.

Lima gol dari Dortmund berhasil dicetak oleh Shinji Kagawa dan Met Hummels, sedangkan tiga gol lagi diciptakan oleh Robert Lewandowski. Sementara dua gol dari Munich dilesatkan oleh Arjen Robben dan Frank Ribbery.

Dengan kemenangan ini, Dortmund berhasil mengawinkan gelar dengan trofi Bundesliga. Bagi Munich ini kedua kalinya mereka harus kembali dipermalukan oleh rivalnya tersebut setelah hanya mampu menjadi runner-up di Bundesliga dan DFB Pokal.

Babak Pertama:
Laga final yang dilangsungkan  di Olympiastadion tersebut, Dortmund langsung tampil menekan sejak kickoff babak pertama dimulai. Alhasil, Menit ketiga Shinji Kagawa langsung membobol gawang Munich usai kiper Neuer dengan berani keluar dari sarangnya.

Kagawa yang tak terkawal dengan mudah menceploskan ke gawang Munich yang sudah tidak terjaga. Gol tersebut membuat Dortmund unggul 1-0.

Menit ke 23, Gomez dihadang keras oleh kiper Roman Wiedenfeller. Alhasil wasit memberikan hadiah penalti kepada Munich. Robben yang mengambil eksekusi penalti berhasil memanfaatkannya dengan baik melalui tendangan kaki kirinya dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Petaka bagi Munich datang pada menit ke-40 ketika Jerome Boateng menjatuhkan Jaukb Blaszczykowsk di area kotak penalti. Wasit kembali menunjuk putih dan berikan hadiah untuk Dortmund.

Mett Hummels yang bertindak sebagai penendang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan membuat Dortmund unggul kembali dengan skor 2-1. Sebenarnya, kiper Manuel Neuer berhasil membaca tendangan Humel, sayang tendangan dari Hummels cukup keras.

Memasuki pertambahan waktu Dortmund kembali mencetak gol lewat kaki Robert Lewandowski usai mendapatkan umpan manis dari Kagawa. Gol yang tercipta tepat pada menit ke-46 tersebut membuat juara Bundesliga ini unggul 3-1 hingga babak pertama usai.

Babak kedua:
Memasuki babak kedua, Dortmund langsung mendominasi jalannya pertandingan dan terus memberikan tekanan. Akhirnya, semuanya berbuah gol di menit ke-56 lewat sepakan Robert Lewandowsk.

Gol yang membuat kedudukan menjadi 4-1 bagi keunggulan Dortmund tersebut berawal dari Kagawa yang berhasil membuka jalan dari lini tengah. Bola yang  mendarat kepada B?aszczykowski langsung diteruskan ke Lewandowski yang dengan mudah membobol gawang FC Hollywood.

Memasuki menit ke-68, Gomez hampir saja membuka gol kedua bagi Munich di babak kedua ini. Sayang, bola hasil tandukkan yang cukup keras hanya mampu membentur tiang gawang yang dikawal oleh Langerak.

Namun pada akhirnya, Frank Ribery mampu mencetak gol kedua bagi Munich pada menit ke-76. Ribery yang mampu menipu barisan belakang Dortmund langsung melesatkan tendangan keras dari luar kotak penalti dan membuat skor berubah menjadi 4-2.

Lewandowski kembali menambah pesta gol bagi Dortmund dengan melesatkan gol kelima bagi Dortmund di menit 81. Pemain yang tengah diincar oleh Manchester United ini berhasil mencetak gol lewat tandukannya tanpa ada penjagaan dari bek Munich.

Hattrick yang berhasil diciptakan oleh Lewandowski membuat Dortmund jauh memimpin dengan skor 5-2. Jelang menit-menit akhir babak kedua para pemain Munich jarang mendapatkan bola dan telihat sedikit frustrasi.

Akhirnya, hingga babak kedua berakhir dengan kemenangan Dortmund dengan skor telak 5-2.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund:
Roman Weidenfeller (M. Langerak ’34); Piszczek, Hummels, Subotic, Schmelzer; Kehl, Gundogan; Blaszczykowski, Kagawa (Sven Bender ’86) , Grosskreutz; Lewandowski.

Bayern Munich: Neuer; Lahm, Boateng, Badstuber, Alaba (D. Contento ’68) Schweinsteiger, Gustavo (Thomas Muller ’46), Robben, Kroos, Ribery; Gomez.

okezone.com

www.12bet.com

No comments:

Post a Comment