Tuesday, December 11, 2012

CAF 2013: CAF Tolak Penggunaan Teknologi Garis Gawang Untuk CAF 2013


CAF secara resmi mengumumkan untuk menolak pemakaian teknologi garis gawang untuk turnamen pertarungan bola Afrika terseru dalam Piala Dunia Afrika 2013 atau CAF 2013. Sekretaris Umum CAF Hicham El Amrani mengatakan, “Kita sudah menunggu hasil evaluasi FIFA untuk proses ini sebelum kita mengimplementasikannya. Tapi ini sudah sangat terlambat, kompetisi akan dimulai awal tahun depan.”

Tadinya banyak harapan bahwa teknologi garis gawang ini bisa dijalankan secara perdana pada Piala Dunia Afrika nanti. Namun sayangnya CAF memilih menolak memakai teknologi tersebut dalam pertarungan bola Afrika nanti, karena proses yang begitu lambat dari FIFA mengenai teknologi garis gawang ini. El Amrani juga menjelaskan bahwa CAF pada dasarnya sangat menyukai teknologi tersebut, namun sayang FIFA tidak memberi proses yang cepat untuk keefektifan teknologi ini.

Memang akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sepak bola bangsa Afrika jika teknologi yang dikenal dengan nama Hawk Eye ini bisa digunakan pada Seri Piala Dunia Afrika. Namun CAF sudah mengambil keputusan untuk tidak menggunakannya. Pada para pemain bola Afrika sendiri juga menyerahkan segala keputusannya kepada CAF terkait penggunaan teknologi ini. Pemain Afrika dunia pun akan siap menyambut Piala FIFA Afrika 2013 , baik dengan ada teknologi garis gawang ataupun tidak.

Pada dasarnya Teknologi ini diciptakan untuk membantu kinerja wasit, sebab memang kontroversi yang melibatkan kejelian wasit untuk melihat bola melewati garis atau tidak sangat riskan. Sering terjadinya ghost goal adalah wacana untuk dipakainya teknologi hawk eye ini. Namun sayangnya teknologi ini tak akan ada pada CAF 2013 nanti di Afrika Selatan yang akan mempertemukan 16 team Afrika 2013 beserta pemain terkenal Afrika lainnya.

Ikuti perkembangan berita pertarungan bola Afrika terseru, prediksi juara bola dan odds Afrika 2013 di blog ini

No comments:

Post a Comment