Saturday, December 15, 2012

Review Bundesliga: Monchengladbach Tahan Imbang Bayern Munich


Bayern Munich mesti puas berbagi satu angka dengan Borussia Monchengladbach pada partai terakhir Bundesliga sebelum liburan musim dingin. Tampil sebagai tuan rumah di Allianz Arena, sang pemuncak klasemen ditahan imbang 1-1 oleh Die Fohlen. 

Kubu tamu membuka skor terlebih dahulu di babak pertama melalui tendangan penalti Thorben Marx. Xherdan Shaqiri menyamakan kedudukan untuk Bayern selepas turun minum. 

Dengan hasil ini, Die Roten menambah keunggulan menjadi 12 angka atas Bayer Leverkusen di tangga runner-up. Die Werkself sendiri baru mentas nanti malam melawan Hamburg SV. Sementara Gladbach untuk sementara naik ke posisi enam berbekal koleksi 25 poin. 

Memegang penguasaan bola sejak kick-off, Bayern langsung menghasilkan peluang pada menit kelima. Franck Ribery melepas umpan silang untuk disambut kepala Thomas Muller, namun upayanya mengarah tepat ke kiper Gladbach, Marc-Andre ter Stegen. 

Sesaat berselang, giliran Ribery yang memberi ancaman langsung melalui tendangan voli yang sayangnya masih melayang jauh di atas mistar. 

Keasyikan menyerang, The Bavarians malah kecolongan gol pembuka memasuki menit ke-21. Wasit menghadiahkan tendangan 12 pas kepada kubu tamu setelah Jerome Boateng menghadang crossing Tolga Cigerci dengan tangannya. 

Penalti dieksekusi dengan sempurna oleh Thorben Marx untuk membuat publik Allianz Arena membisu. 1-0 Gladbach memimpin. Bayern hampir merespons instan lima menit kemudian. Namun Ter Stegen memastikan keunggulan Gladbach terjaga dengan aksi penyelamatannya terhadap tendangan kencang Ribery. 

Tidak lama setelahnya, giliran Gladbach yang harus melihat peluang emas untuk menggandakan skor kandas. Cigerci berhasil melewati sergapan Manuel Neuer, yang terlalu tergesa-gesa meninggalkan sarangnya, tapi sepakannya ke arah gawang yang sudah tak berpenghuni bisa disapu bek Bayern yang datang tepat waktu. 

Sisa paruh pertama didominasi oleh skuat Jupp Heynckes. Tapi tim besutan Lucien Favre tampil begitu disiplin untuk mempertahankan skor 1-0 hingga turun minum. The Bavarians makin garang menekan selepas interval. Empat menit menginjak babak kedua, tendangan akurat Bastian Schweinsteiger ke arah pojok bawah gawang digagalkan dengan brilian oleh Ter Stegen. 

Berikutnya Dante menebar bahaya dengan tandukannya, namun kans ini pun masih gagal membuahkan gol. Skor akhirnya berubah imbang di menit ke-59. Memaksimalkan kesalahan umpan Tony Jantschke, Xherdan Shaqiri dengan tenang menaklukkan Ter Stegen lewat tendangan ke arah tiang dekat. 

Bayern terus menggempur habis pertahanan lawan, namun hingga bubar rentetan peluang yang didapat senantiasa kandas, dan skor 1-1 pun menjadi hasil akhir.

No comments:

Post a Comment