Monday, December 10, 2012

Review Bundesliga: Dortmund Dipermalukan Wolfsburg


Hasil tak memuaskan datang untuk Borussia Dortmund setelah mereka dipaksa takluk 3-2 dari tamunya, VfL Wolfsburg, dalam lanjutan Bundesliga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (8/12) malam WIB. Hasil ini membuat Dortmund makin tertinggal dari rival mereka, Bayern Munich, yang di saat bersamaan mencatat kemenangan 2-0 atas Augsburg. Dortmund tertahan di peringkat tiga dengan nilai 27, berselisih 14 angka dari Bayern.

Sebetulnya Dortmund mengawali laga dengan baik. Publik tuan rumah sudah bersorak kegirangan ketika laga memasuki menit keenam setelah tendangan bebas Marco Reus gagal diantisipasi Diego Benaglio, sehingga bersarang di gawang Wolfsburg. Setelah memberikan tekanan terus-menerus ke pertahanan Wolfsburg, dan menciptakan sejumlah peluang, petaka mendatangi kubu Dortmund. Mereka harus bermain dengan sepuluh orang pada menit ke-35 menyusul kartu merah yang diterima Marcel Schmelzer akibat pelanggaran handsball di kotak terlarang.

Bukan hanya sekedar pelanggaran, tetapi juga membuat wasit menunjuk titik putih. Peluang emas ini tidak disia-siakan tim tamu, dan Diego yang tampil sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Wolfsburg untuk melakukan tekanan. Empat menit sebelum babak pertama berakhir, Naldo berbalik membawa Wolfsburg unggul setelah sepakan kaki kanannya menyambut tendangan bebas Diego membobol gawang Roman Weidenfeller.

Walau bermain dengan sepuluh orang, Dortmund masih bisa memberikan ancaman di pertahanan Wolfsburg. Usai menerima umpan sundulan Robert Lewandowski, Reus melepaskan tendangan, tapi dapat diamankan Benaglio di menit ke-52. Dortmund akhirnya sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-61 lewat eksekusi penalti Jakub Blaszczykowski. Hadiah penalti diberikan wasit usai Simon Kjaer menjatuhkan Lewandowski di kotak 16.

Merasa kecolongan, Wolfsburg meningkatkan permainan mereka. Publik tuan rumah kembali bungkam setelah Bas Dost menaklukkan Weidenfeller usai menerima umpan terobosan Diego di menit ke-73. Skor 3-2 ini bertahan hingga pluit panjang ditiupkan wasit.





No comments:

Post a Comment